• Home

4 Cara Melindungi Anak-Anak Dari Pengaruh Buruk Internet

 on Minggu, 24 Juli 2016  



Internet saat ini memang menjadi salah satu unsur yang patut diperhitungkan, bukan hanya dari dukungan jaringannya, tetapi juga jumlah dari penggunanya.Pertumbuhan yang cepat dan signifikan memang terpantau setiap tahunnya dari internet.Internet telah menjangkiti anak-anak kecil, mungkin juga anak-anak Anda di rumah akibat dari meluasnya pengaruh internet tersebut.Untuk melakukan perlindungan pada anak-anak dari pengaruh buruk internet Anda sebagai orang tua harus memiliki kapasitas untuk melakukan itu.

Di satu sisi internet memang mengandung beberapa konten yang buruk bagi anak-anak.Konten yang buruk dari internet ini tentunya harus Anda jauhkan dari anak-anak Anda yang sedang suka bermain internet.Tapi bagaimana caranya ajar anak-anak terlindungi dari pengaruh buruk internet?Berikut ulasannya.
Di satu sisi ada beberapa konten yang buruk bagi anak-anak yang terdapat di dalam internet.Ketika anak-anak Anda sedang suka bermain internet, maka konten-konten yang buruk dari internet ini tentunya harus Anda jauhkan. Tapi bagaimanakah caranya ?berikut penjelasannya.

1.  Mesin Pencari Harus Anda Amankan

Mengamankan mesin pencari adalah cara pertama untuk melindungi anak-anak dari pengaruh buruk internet. Kemungkinan untuk menampilkan hal-hal yang tidak baik bagi anak-anak Anda yang dimiliki oleh mesin pencari seperti Bing, Yahoo, Google ataupun yang lainnya sangat bisa terjadi.Sudah selayaknya Anda sebagai orang tua bisa melakukan pengamanan pada mesin pencari tersebut yang dengan sangat mudah untuk mengakses konten-konten buruk.

Bagaimana caranya? Karena Google adalah salah satu search engine yang paling popular, maka kita akan khusus membahas mesin pencari yang satu ini. Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur SafeSearch dari Google. Anda akan mampu menyaring konten dewasa yang akan muncul dari hasil pencarian dengan mengaktifkan fitur SafeSearch.Untuk mengaktifkan fitur SafeSearch pada Google, berikut caranya:
1.    PerangkatPada Komputer:
a)  Pertama, buka laman Google dan klik setelan penelusuran.
b)  Temukan “Filter TelusurAman”, lalu centang atau hapus centang kotak di samping “Aktifkan Telusur Aman”.
c)  Terakhir klik Simpan di bagian bawah laman.
2.     Browser Pada Ponsel:
a)  Pertamasentuh setelan penelusuran jika sudahmembuka laman Google.
b)  Kemudian cari bagian “Filter TelusurAman”, lalu aktifkan telusur aman dengan memilih filter hasil eksplisit dan juga nonaktifkan telusur aman dengan memilih tampilkan hasil paling relevan.
c)  Terakhir, sentuh simpan di bagian bawah laman.
3.    Pada Aplikasi Android:
a)    Pertama buka aplikasi Google
b)    klik ikon Menudi pojok kiri atas laman> Setelan > Akun & privasi.
c)    kemudian gulir ke bawah pada bagian “filter TelusurAman”. Dari bagian ini aktifkan telusur aman dengan mencentang kotaknya dan juga nonaktifkan telusur aman dengan menghapus centang kotaknya.

2.  Atur Restricted Mode di YouTube

Melakukan pengaturan restricted mode di #YouTube, adalah langkah berikutnya untuk mengamankan anak Anda dari prngaruh buruk internet. Ya, bila tidak dilakukan pengaturan media film YouTube juga akan berbahaya bagi anak-anak Anda.

Mengapa demikian ?karena di YouTube mengandung beberapa konten yang tidak patut dilihat oleh anak-anak. Maka dari itulah agar anak-anak terhindar dari pengaruh buruk internet  Anda perlu melakukan pengaturan restricted mode pada YouTube. Untuk melakukan pengaturan restricted mode di YouTube, berikut cara-caranya
1.    Pada Layar Komputer:
a)    Pada halaman Youtube Seret kebawah lalu klik pada panah kecil di samping “Keamanan:Aktif” dan tarik ke bawah lagi.
b)    Langkah kedua pilih Off (Nonaktif), kemudian simpan.
  
2.    Pada Layar Ponsel (Browser):
a)    Langkah pertama pilih logo YouTube di pojok kiri atas untuk membentangkan menu.
b)    Kemudian pilih ikon roda gigi untuk masuk ke menu setelan.
c)    Terakhir, pilih bagian “Mode perlindungan (Safety mode)” untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini.

3.   Cek Pengaturan App Store

Dengan mengecek pengaturan App Store adalah cara selanjutnya agar melindungi anak dari pengaruh buruk internet. Cara ini dilakukan supaya dapat mencegah anak untuk membeli item apapun dari aplikasi berbayar dan juga mencegah mereka untuk mengunduh#aplikasi yang tidak sesuai dengan umur mereka tanpa seizin Anda.

4.   Periksa Pengaturan Privacy Media Sosial


Memeriksa pengaturan privacy #media sosial mereka adalah cara yang terakhir untuk menghindari anak-anak dari pengaruh buruk internet. Pastikan Anda periksa pengaturan privacy-nya jika mereka memiliki akun media sosial. Untuk apa ?ini Anda lakukan supaya dapat memastikan bawha mereka hanya dapat chatting dan berbagi dengan orang-orang yang mereka kenal saja.

4 Cara Melindungi Anak-Anak Dari Pengaruh Buruk Internet 4.5 5 Unknown Minggu, 24 Juli 2016 Internet saat ini memang menjadi salah satu unsur yang patut diperhitungkan, bukan hanya dari dukungan jaringannya, tetapi juga jumlah ...


1 komentar:

  1. Baccarat - 2021 | The Ultimate Guide | UrbanDaddy
    Baccarat 메리트카지노 has got some great perks, but is it good or bad? kadangpintar Check out our full review below 바카라 사이트 and check the pros and cons of Baccarat.

    BalasHapus

J-Theme