• Home

Hati-hati, Sering Tak Anda Sadari Lima Hal Ini Akan Membuat Konsentrasi Kerja Menjadi Kacau

 on Jumat, 02 September 2016  


Kita pastinya akan memerlukan konsentrasi dan fokus yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, apapun pekerjaannya. Sangat sulit rasanya kita akan mendapatkan hasil yang maksimal jika kita tanpa konsentrasi dan fokus yang tinggi.  Tapi seringkali kita mendapatkan banyak gangguan ketika kita ingin mendapatkan fokus dan konsentrasi ini. Gangguan tersebut sering datang tanpa kita sadari, dan jika kita tidak waspada, maka kemudian membuat kerja kita menjadi kacau.
Agar bisa meningkatkan konsentrasi dalam bekerja, memahami beberapa masalah yang sering membuat konsentrasi kerja kacau sebaiknya Anda pahami. Perhatikan dengan baik di bawah ini adalah beberapa masalah yang mengganggu konsentrasi Anda pada saat bekerja.
1.   Menggunaan Media Sosial
Apabila Anda aktif menggunakan media sosial sedikit banyak pasti akan mengganggu konsentrasi dalam berkerja dan hal itu tidak bisa dipungkiri. Kemudian diperparah lagi dengan banyaknya ragam dan jenis dari keberadaan media sosial tersebut.

Kita sering tidak menyadari untuk menghabiskan waktu hanya memperhatikan postingan status terbaru yang diunggah teman di media sosial. Tentu saja unggahan tersebut tidak hanya satu, sehingga tanpa terasa kita pun menunda pekerjaan dan lebih mementingkan menghabiskan waktu membaca status dari teman media sosial kita. Jangan sekali-kali membuka mensos ketika Anda sedang berkerja dan tentunya itu adalah saran yang terbaik bagi Anda.
2.   Membaca Surat Elektronik dan Mengecek
Surel atau email saat ini mungkin sudah menjadi barang wajib yang harus dipunya oleh setiap pekerja, dan sudah menjadi kegiatan sehari-hari yang harus dilakukan untuk membaca dan mengecek email. Kita tidak menyadari membalas surat elektronik terus-terusan akan menghabiskan waktu produktif Anda, penyebabnya adalah jari kita kadang sering gatal untuk membalas serbuan email yang masuk tersebut.
Sebagai tipsnya, membalas dan membuka email yang masuk sebaiknya Anda sisihkan waktu khusus. Setiap email yang masuk batasi dan sortirlah, bikin klasifikasi mana yang bisa ditunda terlebih dahulu dan yang harus dibalas sekarang. Kembalilah pada pekerjaan Anda dan tutup email Anda setelah proses itu selesai.

3.   Menjawab Telepon Terlalu Sering
Jika Anda adalah seorang costumer service atau resepsionis dari sebuah perusahaan, maka menjawab telepon adalah salah satu pekerjaan penting. Sebaiknya batasi penggunaan telepon Anda jika Anda adalah pegawai pada sektor lain.
Anda bisa menggunakan email atau kotak pesan sekiranya tidak mendesak, jika terkait dengan pekerjaan sebagai pengganti peran telepon. Sudah barang pasti ketika menerima telepon konsentrasi pada saat kita bekerja akan terganggu. Ketika kembali bekerja untuk mendapatkan konsentrasi yang penuh biasanya kita akan mengalami kesulitan seperti sedia kala.
4.   Multitasking
Seringkali menjadi impian banyak perusahaan pada karyawannya supaya memiliki bakat dalam mengerjakan beberapa tugas dalam sekali waktu. Untuk Anda ketahui multitasking ini ternyata sangat merugikan bagi perusahaan pada sisi waktu.
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa jika  seseorang beralih dari tugas satu pada tugas lainnya, maka akan kehilangan waktu pada masa peralihan tersebut. Sehingga akan memperbanyak potensi waktu yang hilang ketika seseorang bisa menjalankan banyak tugas. Jadi, pekerjaan yang membutuhkan intensitas tinggi atau prioritas yang lebih harus diprioritaskan dan harus dilakukan.
5.   Teman Kerja
Untuk membantu menyelesaikan sebuah pekerjaan dari perusahaan tentunya teman kerja adalah seorang yang sangat penting. Dalam menyelesaikan pekerjaan teman kerja bisa jadi adalah partner dan tim kerja yang harus bisa saling bahu membahu dengan Anda.
Disisi lain, itu justru akan sangat merugikan Anda dan akan menjadi pengganggu Anda apabila ada teman kerja Anda yang tidak professional. Konsentrasi kerja Anda akan hilang ketika teman Anda datang dan mengajak ngobrol pada saat Anda bekerja, pada hal yang diomongin tidak terlalu penting. Jika teman Anda tersebut tidak menyadari apa yang dia lakukan maka akan semakin memperburuk keadaan tentunya.

Anda sebaiknya segera memberitahukannya jika teman Anda mamang tidak memahami kondisinya. Namun tetap dengan cara yang sopan, bicara saja dengan jujur padanya. Katakan padanya bahwa tidak ingin diganggu dengan kehadirannya dan Anda sedang ingin bekerja.

Hati-hati, Sering Tak Anda Sadari Lima Hal Ini Akan Membuat Konsentrasi Kerja Menjadi Kacau 4.5 5 Unknown Jumat, 02 September 2016 Kita pastinya akan memerlukan konsentrasi dan fokus yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, apapun pekerjaannya. Sangat suli...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

J-Theme