• Home

Investasi Reksadana Sangat menguntungkan Dari pada Emas, Inilah Alasannya

 on Rabu, 10 Agustus 2016  


Saat ini bagi siapa saja yang ingin menanamkan modalnya untuk berinvestasi peluangnya sudah semakin terbuka. Akan lebih baik mengalih fungsikan dana tersebut untuk berinvestasi, dari pada membiarkan dana bebas dan tidak berkembang sama sekali. Inilah alasannya mengapa pilihan untuk berinvestasi semakin beragam sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Memang ada banyak macam investasi, diantaranya kita mengenal investasi emas dan investasi reksadana sebagai contoh. Makanya kali ini kita akan membandingkan kedua jenis investasi tersebut. Terdapat beberapa kenyataan bahwa investasi reksadana lebih unggul dari investasi emas. Dari pada penasaran berikut penjalasannya. 
1.  Investasi Reksadana Returnnya Lebih Besar
Jika kita bandingkan, ternyata jumlah return yang diperoleh dari investasi reksadana lebih besar dari investasi emas. Angka tersebut dirilis oleh situs bisnis ekonomi Bloomberg yang melakukan pencatatan perbandingan keuntungan selama 5 tahun terakhir ini. Dari perbandingan tersebut ternyata didapatkan keuntungan reksadana obligasi lebih besar beberapa persen dari pada harga emas dalam satuan kurs Dollar.
Pada dasarnya  perbandingan reksadana obligasi yang dipilih karena antara emas dan reksadana obligasi memiliki tingkat resiko yang setara. Jika kita membandingkan dengan reksadana saham hal tersebut tentu berbeda, karena dari sisi resiko tentu jauh lebih tinggi. Keuntungan yang didapatkan emas cenderung merosot yang juga ditunjukkan oleh data lain dan berbeda dengan reksadana obligasi yang senantiasa meningkat setiap saat.
2.  Minimnya Biaya Investasi Awal
Biaya investasi yang minim untuk diperlukan adalah kelebihan yang kedua dari investasi reksadana dengan investasi emas. Tercatat data dari perusahaan PT Aneka Tambang beberapa waktu yang terakhir, dalam satuan terkecil harga emas yakni mencapai kurang lebih Rp 550.000  untuk 1 gram. Ini artinya bahwa belum termasuk dengan biaya sewa tempat penyimpanan emas, dan paling sedikit kita harus mengeluarkan biaya investasi senilai Rp.500.000.
Jika dibandingkan dengan modal awal untuk melakukan investasi reksadana tentu angka tersebut lebih besar. Bahkan sudah bisa menjalankan investasi reksadana secara online hanya dengan berbekal Rp.100.000 saja.
3.  Resiko Untuk Hilang Tidak Dimiliki
Seperti diketahui kita mempunyai risiko untuk kehilangan secara fisik jika kita terjun dalam investasi emas. Emas tentunya harus disimpan ditempat yang aman karena bentuk emas sendiri merupakan produk fisik. Hal ini tentunya berbeda dengan reksadana yang tidak berwujud fisik.
Pada dasarnya reksadana nantinya akan dikelola oleh pihak bank custodian dan dapat berbentuk seperti bunga atau deviden. Inilah pihak yang menjamin dan mengelola keamanan dari investasi reksadana milik kita. Kita tidak perlu menyediakan tempat pengamanan khusus dan tidak perlu khawatir kehilangan untuk investasi reksadana.
4.  Reksadana Menawarkan Pilihan Investasi
Pilihan antara menyimpan emas untuk beberapa tujuan atau menjualnya adalah dua pilihan yang kita punya pada saat menjalankan investasi emas. Dan menjalankan investasi emas kita hanya memiliki dua opsi tersebut, tidak ada yang lain.
Sangat berbeda dengan investasi reksadana, ada beberapa pilihan diversifikasi investasi yang bisa kita lakukan. Sebagai contoh pihak reksadana tidak akan menanam hanya pada satu saham atau obligasi saja uang yang berada di pihak mereka, tapi bisa pada berbagai obligasi dan jenis saham yang berbeda. Tentu hal ini akan menekan faktor resiko sembari kemungkinan keuntungan juga lebih besar.
5.  Reksadana Bisa Dijalankan Secara Online
Memang saat ini sudah ada beberapa penyedia layanan yang dijalankan secara online dalam hal pembelian produk investasi emas. Namun proses investasi ini pada dasarnya tetap dijalankan secara offline.
Investasi reksadana tidak sama halnya demikian. Saat ini bisa dijalankan meski kita jauh berada dari lokasi perusahaan penyedia dan fasilitasnya pun tentu reksadana online. Keuntungan reksadanapun akan dicairkan melalui transfer direkening. Sehingga kita tanpa harus keluar rumah bahkan semuanya bisa berjalan secara online. Sangat praktis bukan.

Kita bisa mengambil suatu kesimpulan dari beberapa keunggulan investasi reksadana jika dibandingkan dengan investasi emas di atas, bahwa pilihan reksadana menjadi suatu investasi memang menguntungkan. Bukan berarti hal tersebut kita tidak dianjurkan untuk menjalankan investasi emas. Berdasarkan minat dan pengalaman Anda sendiri, tentunya Anda bisa mengambil suatu keputusan. Pada dasarnya investasi merupakan wujud langkah pribadi untuk mengembangkan asset kekayaan. 

Investasi Reksadana Sangat menguntungkan Dari pada Emas, Inilah Alasannya 4.5 5 Unknown Rabu, 10 Agustus 2016 Saat ini bagi siapa saja yang ingin menanamkan modalnya untuk berinvestasi peluangnya sudah semakin terbuka. Akan lebih baik mengalih fu...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

J-Theme