• Home

Ada Harus Mencobanya !, 4 Situs Media Sosial yang Aman Bagi Anak

 on Minggu, 24 Juli 2016  



Beberapa ancaman baik dari luar maupun dari dalam muncul lingkungan sekitar dalam menghadapi tren teknologi yang kian tumbuh pesat pada masa sekarang ini. Ancaman teror dan bullying juga menjadi hal yang menakutkan yang perlu dihindari sekarang ini selain dari ancaman yang berwujud fisik.
Ini sejatinya adalah hal-hal yang kini mulai marak terjadi di media sosial yang telah kita sebutkan sebelumnya. Kita sebagai orang tua harus concern (perhatian) dan bisa menjaga anak-anak dari pengaruh buruk ketika hal ini sudah muncul di wilayah dunia maya. Untuk itu berkut ini ada beberapa situs yang aman bagi anak-anak Anda.

1.  Whats what

Pertama, whats what adalah situs media sosial yang aman bagi anak-anak Anda. Situs yang beralamat di https://www.whatswhat.me/ ini sendiri dikenal sebagai salah satu situs media sosial paling aman untuk anak Anda. Mengapa demikian ? karena jejaring sosial buatan Vincent Cannistraro ini akan meminta orang tua anak untuk mengisi informasi kartu kredit mereka saat mendaftar dan juga mengambil foto dari wajah anak mereka dengan menggunakan webcam.

Siapa saja orang yang mencoba menipu dengan memanipulasi usia atau umur akan ketahuan nantinya dari persyaratan ini. pihak whats what akan memblokir akun mereka dalam waktu 6 jam jika diketahui ternyata ada orang yang coba menyusup memanipulasi umur. Presentasi mengenai penggunaan internet secara aman di sekolah salah satu anaknya di Lincoln, Massachussets, telah menginspirasikan Vincent Cannistraro untuk membuat situs media sosial ini.
2.  ScuttlePad
ScuttlePad adalah jejaring sosial berukutnya yang dikenal aman untuk anak-anak Anda. Jika keamanan yang kekat pada saat registrasi dilakukan oleh jejaring sosial whats what, maka membatasi usia pengguna antara 6-11 tahun hal yang dilakukan oleh ScuttlePad. Jejaring sosial yang beralamat di http://www.scuttlepad.com ini juga menciptakan keamanan bagi anak-anak ketika mengupload gambar dan ketika hendak memberi komentar. Jadi, ScuttlePad menggunakan format pemilihan kata anak-anak dibatasi dan diatur ketika akan berkomentar.

Gambar mereka akan dikoreksi terlebih dahulu oleh pihak ScuttlePad sebelum ditampilkan dan upload  oleh mereka. Semua hal itu dilakukan pihak ScuttlePad supaya menjaga anak-anak dari tindakan cyberbullying yang terjadi di dunia maya. Ketika akan registrasi sendiri, anak-anak diharuskan mengisi warna favorit, tanggal lahir, dan alamat email orang tua mereka.
3.  GiantHello
Ancaman keamanan bagi anak-anak ini umumnya datang dari lingkungan luar. Hal tersebut akan bisa diminimalisir sebaik mungkin oleh situs jejaring GiantHello. Mengapa ? karena anak-anak diharuskan terlebih dulu harus mengundang temannya melalui email atau mencetak satu halaman dengan salah satu kode pengundang untuk berteman, dan ini sitem yang di pakai oleh GiantHello.
GiantHello juga sengaja membatasi penggunanya antara usia 7 hingga 13 tahun tidak menyediakan fitur pencarian teman. Hal ini dimaksudkan agar anak tidak dapat berteman dengan orang yang tidak mereka kenal.
Orang tua diharuskan terlebih dahulu mengisi 4 digit social security number atau dengan membayar satu sen dari kartu kredit supaya bisa melakukan registrasi ke GiantHello. Anda bisa mengakses di http://www.gianthello.com jika tertarik dengan situs jejaring sosial ini.

4.  Skid-e Kids
Skid-e-Kids adalah situs jejaring sosial terakhir yang aman bagi anak-anak Anda. Skid-e-Kids sendiri mempunyai staf moderator yang menjadi garda depan untuk sistem keamanan, dan Skid-e-Kids ini dapat anda lihat dengan alamat http://skidekids.com/. Bahasa adalah salah satunya yang dibuatkan keamanan. Jadi, bahasa yang ditampilkan akan disaring terlebih dahulu oleh media sosial yang satu ini.

Jika muncul bahasa uang dinilai tidak layak atau bersifat penyingkapan informasi rahasia, maka komentar akan dimoderasi dulu. Tidak hanya soal bahasa, gambar atau foto yang akan diupload pun akan terlebih dahulu diperiksa oleh moderator. Pengawasan oleh moderator juga dilakukan pada halaman grup dan juga artikel atau cerita yang akan ditulis di fitur “written by you”.

Komentar akan dimoderasi dulu jika muncul bahasa yang bersifat penyingkapan informasi rahasia atau bahasa yang dinilai tidak layak. Tidak hanya bahasa, moderator juga akan memeriksa foto ataupun gambar yang akan diupload. Cerita yang akan ditulis di fitur “written by you”, halaman grup, dan juga artikel tak akan luput dari pengawasan moderator.

Ada Harus Mencobanya !, 4 Situs Media Sosial yang Aman Bagi Anak 4.5 5 Unknown Minggu, 24 Juli 2016 Beberapa ancaman baik dari luar maupun dari dalam muncul lingkungan sekitar dalam menghadapi tren teknologi yang kian tumbuh pesat pada...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

J-Theme