• Home

Beberapa Hal Di Bawah Ini Harus Anda Ketahui Untuk Menjadi CEO Diusia Muda

 on Jumat, 02 September 2016  

Sekarang bukanlah isapan jempol belaka bila ada fenomena pengusaha sukses yang masih muda. Pemuda yang menapaki dunia bisnis yang kemudian berhasil dan sukses dalam bisnisnya sekarang ini sudah banyak sekali terjadi. Kesuksesan pemuda dalam dunia bisnis yang menjadinya pioneer dan prototype, kini bukan hanya di dalam negeri saja tetapi juga di luar negeri juga banyak.
Sebut saja Nadiem Makarim denga GoJek nya, Tanuwijaya dengan Tokopedia, dan Achmad Zacky dengan founder Bukalapak. Selain sukses dalam menjalankan usaha startup, mereka tersebut juga sukses menjadi panutan dan inspirasi bagi kalangan muda yang ingin turut mengembangkan bisnis startup mereka.
Kebanyakan para pemuda yang sudah sukses tersebut di perusahaan yang mereka kembangkan mereka posisinya kini menjadi seorang CEO. Akan menghancurkan bisnis itu sendiri jika tidak segera dicarikan solusi, karena pasti ada banyak masalah yang sering timbul dan tentunya tak mudah menjadi seorang CEO di usia muda. Di bawah ini ada beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan untuk bisa menjadi CEO yang sukses.
1.   Beda Entrepreneur Dan CEO Sebaiknya Harus Anda Pahami
Beda antara entrepreneur dan CEO adalah hal yang paling utama yang harus Anda pahami dahulu. Kedua hal tersebut jangan disamakan, pengertian CEO lebih kepada memiliki peran pada semua yang terlibat dalam sebuah perusahaan. Sedangkan untuk sedikit berbeda, entrepreneur adalah orang yang harus memiliki pikiran di luar biasanya, menjadi pionir dalam industri dan bisa menjadi agent of change dalam bisnis.
Mulai dari kebutuhan perusahaan, infrastruktur, dan tentunya juga menyiapkan daftar yang harus dikerjakan oleh tim dan itu semua harus difikirkan CEO pada perusahaan yang ia pimpin. Dalam perannya untuk mengembangkan perusahaan tanggung jawab yang sangat besar pada tim dimiliki oleh CEO.
2.   Fleksibilitas Dalam Standar Harus Dimiliki
Terhadap standar yang Anda buat Anda tidak boleh menjadi seorang yang kaku. Pasti ada beragam ide dan karakter dalam sebuah tim dan sebagai seorang CEO Anda juga harus memahami hal tersebut. Standar perusahaan yang dibuat melalui Anda dalam hal menyelesaikan stadar tersebut tentunya dari masing-masing karakter tersebut memiliki cara dan pemikiran yang berbeda.
Nah, dari sinilah Anda dituntut untuk bijak dengan tidak memaksakan standar keharusan pada masing-masing tim Anda karena di sini sering terjadi konflik. Namun Anda juga harus memikirkan cara bagaimana mereka tim Anda ini bisa mencapai target standar perusahaan yang ditentukan oleh perusahaan dan Anda tidak bisa hanya memaksa mereka untuk mencapai standar yang sudah ditentukan.
3.   Dengan Perspektif Jangka Panjang Untuk Melihat Semua Hal
Semua hal harus bisa Anda memandangnya dengan cara pandang jangka panjang sebagai seorang CEO. Anda dituntut tidak hanya memikirkan untuk besok, satu bulan kedepan, atau satu tahun kedepan. Agar perusahaan yang Anda pimpin tetap bisa berkembang dan tumbuh besar sepanjang masa Anda harus bisa memandang semua masalah lebih panjang dari yang lainnya. Belajar untuk bagaimana mengambil suatu keputusan yang bisa memberi pengaruh yang signifikan untuk masa yang akan datang harus juga Anda mulai.
Agar pemikiran Anda lebih peka dalam segala keadaan dan kondisi perusahaan Anda harus melatih kemampuan  yang seperti ini. Maka Anda akan semakin memiliki pengalaman yang tinggi sehingga semakin memudahkan Anda dalam mengambil keputusan yang tepat sebagai seorang CEO, jika Anda sering berlatih.
4.   Kendala Dengan Peluang Anggap Sama Pentingnya
Sebagai seorang CEO dalam mengembangkan perusahaan jangan pernah takut menghadapi masalah atau kendala yang ada. Anda harus yakin bahwa masalah atau kendala tersebut sama pentingnya dengan peluang. Jadi masalah yang mungkin akan Anda hadapi di masa yang akan datang sebagai seorang CEO juga harus bisa memetakan masalah tersebut.

Jadikan masalah yang mungkin timbul sebagai peluang bisnis baru yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan perusahaan, jika memungkinkan, dan pastinya carikan berbagai solusi untuk masalah tersebut. Jika suatu masalah bisa membuat perusahaan Anda krisis, Anda jangan pernah menyerah dengan hal itu, maka yang segara perlu Anda lakukan adalah segera bangkit dan segera mencarikan solusi yang tepat dan mengambil kebijakan yang tepat.

Beberapa Hal Di Bawah Ini Harus Anda Ketahui Untuk Menjadi CEO Diusia Muda 4.5 5 Unknown Jumat, 02 September 2016 Sekarang bukanlah isapan jempol belaka bila ada fenomena pengusaha sukses yang masih muda. Pemuda yang menapaki dunia bisnis yang kemudia...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

J-Theme